[Media] Saatnya Sastrawan Kompak Melawan Pemodal Besar lewat Asosiasi Profesi (Akurat.co)

Screen Shot 2018-09-09 at 6.34.02 PM

Sumber : Saatnya Sastrawan Kompak Melawan Pemodal Besar lewat Asosiasi Profesi; Media : Akurat.co

Berbicara di tataran teori sebagai akademisi, Riri Satria menegaskan pentingnya sebuah asosiasi sastrawan. Sastrawan yang terhimpun dalam sebuah asosiasi akan memiliki posisi tawar yang tinggi dalam menghadapi tantangan atau kepentingan yang berpotensi merugikan sastrawan.

Dia menyebut, tentangan pertama datang dari penerbit penerbit bermodal besar, yakni bagaimana sastrawan harus bersikap dalam hitung-hitungan royalti yang lebih sering diatur oleh penerbit major itu.

Kedua, tantangan regulasi dari penguasa, misalnya dalam hal mengusahakan keringanan beban pajak seperti yang baru-baru ini terjadi atau menghadapi regulasi lain yang merugikan sastrawan.

Ketiga, tantangan kesejahteraan, terutama di saaat si sastrawan sudah tidak produktif di hari tua. Bagaimana cara sastrawan menghidupi diri dan ada tunjangan?

Selanjutnya, tantangan hukum pidana dan perdata. Artinya, bagaimana mengatasi jika ada sastrawan bersengketa atau terkena masalah hukum (pidana dan perdata).

“Semua tantangan itu bisa dihadapi andai ada asosiasi profesi sastrawan,” tegas pengelola perusahaan konsultan manajemen itu.

Namun, menurut Riri, sebelum membantuk sebuah asosiasi profesi, dia mengingatkan agar sastrawan mengidentifikasi dan mengklarifikasi dulu pengertian “profesi” dan “asosiasi” sehingga asosiasi profesi yang akan dibentuk sesuai dengan kebutuhan dan bobot tantangan yang dihadapi para sastrawan sendiri.

– Selengkapnya, lihat di Akurat.co di sini.

—–

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s