Pahlawan

Siapakah itu sosok PAHLAWAN? Well, banyak definisi yang bisa diberikan kepada istilah “pahlawan”, mulai dari definisi resmi kenegaraan yang memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada mereka yang berjasa kepada bangsa dan negara, sampai kepada definisi yang lebih humanis, yang menyentuh kepada semua lapisan masyarakat.

Bagaimana saya mendefinisikan kata-kata “pahlawan”? Buat saya definisinya sangat simpel, yaitu mereka yang memberikan value untuk kehidupan dengan tulus ikhlas. Value ini tentu saja disesuaikan dengan kemampuan atau kapasitas setiap individu, tetapi tulus ikhlas ini yang menjadi mandatory.

Value itu bisa di ranah pelestarian lingkungan hidup, sosial kemasyarakatan, pendidikan, kebudayaan, memberikan rasa tenteram dan aman, perekonomian, teknologi, dan macam-macam. Pokoknya pada semua dimensi kehidupan yang bermanfaat, membawa kepada kebaikan, bukan menebar kemudaratan.

Dalam konteks kepahlawanan, kalau rasa tulus ikhlas sudah mulai terkikis dan diganti oleh pamrih, maka di situ dia mulai kehilangan makna kepahlawanan, dan digantikan dengan transaksi ekonomi.

Eits, jangan salah, bukan berarti transaksi ekonomi seperti ini salah lho. Setiap kita juga berhak atas penghasilan yang layak sesuai dengan value yang kita berikan. Value yang kita transaksikan dan bernilai ekonomi itu adalah revenue kita untuk hidup, dan ini sah-sah saja, bahkan kita butuh ini untuk menjalani kehidupan.

Tetapi ada value yang kita berikan tulus ikhlas tanpa ada pamrih, tanpa ada niat untuk mendapatkan balasan. Inilah makna kepahlawanan menurut saya. Kalaupun seandainya ini kebetulan mendapatkan balasan, apalagi berbentuk manfaat ekonomi, itu sah-sah saja, tetapi setidaknya niat awalnya bukan untuk itu.

Jadi di sini, menurut saya, setidaknya ada dua value yang kita miliki dan dapat diberikan kepada kehidupan, (1) value yang ditransaksikan secara ekonomi, serta (2) value yang diberikan tulus ikhlas tanpa pamrih.

Keduanya penting, tetapi value yang kedua lebih menentukan makna kepahlawanan.

Setiap kita bisa jadi pahlawan untuk kehidupan.

Ini menurut saya lho, dan Anda tidak harus sepakat .. hehehe ..

Kontemplasi buat diri saya sendiri dan juga sahabat yang sepemikiran di Hari Pahlawan ini.
Selamat Hari Pahlawan 10 Nopember 2017.

Perjuangan belum selesai.
Riri Satria

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s