sajak si anak jalanan

Aku lupa siapa namaku.
Aku bahkan tak tahu siapa bapakku.
Aku sudah lupa kasih sayang ibu.

Jalanan dan lorong kota adalah duniaku.
Aku sudah kenal dunia hitam sejak kecil dulu.
Kekerasan adalah pergaulan keseharianku.

Kekerasan! Kekerasan!
Itulah jalan kehidupan!
Aku sangat paham aturan hidup di jalanan.
Hukum rimba adalah segalanya.
Keadilan hanyalah pepesan kosong!

Kata Bang Akin kepala preman terminal
; aku dulu ditemukan menangis sendirian
; menjelang tengah malam di pinggir jalan
; aku sudah lupa, tapi katanya aku lari dari rumah
; wajahku memar dihajar ayah tiri di rumah
; katanya ibu jadi TKW di luar negeri
; tak pernah kurasakan belaian kasih ibu
; ayah tiri kerjanya mabuk melulu.

Tapi, aku sudah lupa semua itu.
Semua menguap dari ruang ingatanku.

Bang Akin adalah orang paling baik di dunia
; dia mengangkatku jadi adik
; dia mengajariku mencopet di terminal
; dia mengusap kepalaku ketika tidur.

Dua tahun yang lalu
; Bang Akin ditangkap polisi
; aku tak tahu dibawa ke mana
; sejak itu Bang Akin hilang
; aku menangis!
; ada sebilah belati milik Bang Akin
; dia berikan beberapa bulan sebelumnya
; itulah kenangan Bang Akin sampai saat ini

Aku si anak jalanan.
Berteman kekerasan, tipu muslihat dan dunia malam.
Sahabatku para preman penghuni dunia kelam.

Aku tak kenal makna kekerasan.
Karena menurutku itulah kehidupan.
Tak ada kehidupan
; tanpa kekerasan!

Aku baca koran pagi ini.
Ada pakar yang bilang
; anak korban kekerasan sejak kecil
; cenderung jadi pelaku kekerasan dewasa nanti

Omong kosong!
Kekerasan itu adalah keniscayaan.
Kekerasan itu adalah kehidupan!
Itulah duniaku!

(Jakarta, 10 Juli 2016)

Puisi ini nanti dimuat pada antologi Memo Anti Kekerasan Terhadap Anak (MAKTA), diterbitkan September 2016.

13690728_10153585582901227_6476701515882359998_n

5 thoughts on “sajak si anak jalanan

  1. Ya Allah…
    Kekerasan….
    Kekerasan….
    Kekerasan….
    Stop!!
    Anak anak aset bangsa!!
    Renungan untuk kita, para orang tua…

Leave a Reply

